Minggu, 04 Februari 2018

Puncak Cemoro Sewu (Pegunungan Anjasmoro)

Pegunungan Anjasmoro ini termasuk dalam wilayah Jombang, Mojokerto dan Batu. Jalur yang bisa dilalui yaitu dari arah Batu dan jombang yaitu Desa Carangwululng, Kec. Wonosalam - Jombang

Untuk sampai di Desa Carangwulung Kec. Wonosalam - Jombang, bisa mengikuti google map melewati Kampung Djawi Wonosalam, dari situ bisa tanya ke warga sekitar untuk sampai di pos singgah yang terletak di samping Masjid Jabal Nur

Disini adalah titik start pendakian, Motor bisa diparkir di pos ini dengan biaya 20.000 untuk 1 motor 2 orang (update per 03-02-2018)

POS SINGGAH - POS 1 (1 Jam)

Dari pos ini, pendakian dimulai dengan jalur makadam yang banyak percabangan, namun tidak perlu khawatir karena sudah ada petunjuk berupa arah panah berwarna hijau.
Ikuti arah panah tersebut hingga sampai di kandang kambing milik warga setempat, dari kandang kambing tersebut terus naik hingga menemukan Pos 1(Pos Kancil/Watu Tretes)


POS 1 - POS 2 (1 Jam)

Pos 1 ini masih berupa tanah berumput. Setelah itu jalan agak menanjak yang dilalui berupa tanah yang bila terkena air hujan akan menjadi licin. Dari sini akan memasuki hutan. Kira - kira 1 jam akan sampai di Pos 2 (Pos Salwa/Lumpang)

POS 2 - POS 3 (1 Jam)

Pos ini berupa tanah sedikit lapang yang berada dalam hutan, hutan disini memiliki curah hujan tinggi sehingga merupakan tempat faforit hewan pacet (lintah), sehingga perlu berhati - hati.
Dari pos 2 jalan semakin naik dan licin, kira - kira 1 jam akan sampai di Pos 3 (Pos Bambu/Pring Rusak)
Pos 3 ini tak jauh berbeda dengan pos 2 yaitu berupa tanah sedikit lapang berada dalam hutan hujan yang merupakan habitat hewan pacet (lintah)
Pos 3 ini memiliki sumber air yang tentuna akan sangat membantu ketika perbekalan air sudah menipis

POS 3 - POS 4 (1,5 Jam)

Dari pos 3 menuju pos 4 ambil arah di samping kanan pos 3 (sudah ada tanda warna merah).
Jalur disini semakin rapat dengan semak belukar, sesekali akan menemukan percabangan, namun sudah ada petunjuk arah berupah panah berwarna hijua, jika berjalan di malam hari harus teliti dalam orientasi medan karena panah tersebut jika malam akan sangat samar. kira - kira 1,5 jam akan sampai di Pos 4 (Pos Bayangan)

Pos  merupakan tempat yang biasanya dijadikan tempat mendirikan tenda oleh para pendaki karena jarak dari pos ini menuju punjak tidak jauh, 

Pos 4 - Puncak (0,5 Jam)

Dari pos 4 jalan yang dilauli sedikit menurun, dari tempat ini view yang terlihat sangat menarik karena bisa melihat banyak air terjun di kawasan Jombang yang salah satunya merupakan air terjun yang sudah sangat terkenal yaitu Coban Tretes - Jombang.
Setelah jalan menurun, selanjutnya akan melalui jalan menanjak, kira - kira 0,5 jam akan sampai di PUNCAK CEMORO SEWU (PEGUNUNGAN ANJASMORO)


Sebenarnya puncak ini bukan merupakan puncak sejati dari Gunung Anjasmoro, puncak ini merupakan puncak semu. Secara topografi pegunungan purba, puncak ini merupakan puncak Gunung Gede yang merupakan satu kawasan dalam pegunungan Anjasmoro
Pegunungan Anjasmoro memang terkenal dengan banyak puncak salah satunya adalah Puncak Cemoro Sewu ini. 
Puncak sejati dari Gunung Anjasmoro berada masih jauh kesebelah timur dari puncak Cemoro Sewu ini. 
Jika ingin menuju ke Puncak Anjasmoro bisa melewati jalur cangar yang sudah ada pos perijinan namun masih belum ada pos - pos pada jalur menuju puncaknya dan jalurnya juga lumayan sulit
Bisa lihat di website dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar