Rabu, 28 Februari 2018

Pantai Air Terjun Umbul Waru

Pantai Air Terjun Umbul Waru secara administratif terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kab. Blitar - Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat unik di Kab. Blitar karena disini merupakan pertemuan antara air terjun dengan pantai, sehingga keindahan tempat ini sangat memukau. Namun sayangnya akses ke destinasi ini bisa dibilang lumayan sulit karena melewati bebatuan terjal dan dengan medan yang menanjak dan menurun

Untuk sampai ke lokasi ini, dari Blitar Kota menuju ke arah Monumen Trisula

Setelah melewati monumen ini akan berjumpa dengan air terjun TirtoGaluh di sisi kiri jalan

Lurus saja mengikuti jalan aspal hingga menemui jembatan.

Setelah jembatan ini kira - kira 2 km akan bertemu pertigaan yang bertuliskan jika lurus ke Pantai Pasur, jika kiri ke Pantai Pangi

Dari pertigaan ini belok kiri menuju arah Pantai Pangi

Setelah itu lurus saja hingga sampai di Kantor Kepala Desa Sidomulyo yang berada disebelah kiri jalan

Tepat di depan Kantor ini ada gang kecil menurun dan terdapat plakat yang menunjukkan arah Umbul Waru

Mulai dari sini jalur akan banyak percabangan namun di beberapa titik sudah ada petunjuk arah

Jalur yang dilalui lumayan sulit yaitu dengan medan menanjak dan menurun serta bebatuan yang cukup terjal.

Setelah itu akan bertemu dengan lahan luas yang biasa dijadikan tempat parkir

Dari sini mulai berjalan kaki sekitar 30 menit dengan melewati aliran anak sungai

Setelah itu jalur yang dilalu adalah turunan curam

Dan akhirnya akan sampai di sebiah pantai yang sangat menarik yaitu sebuah pantai yang bersanding dengan air terjun. UMBUL WARU