Senin, 11 Desember 2017

COBAN CINDE

7 air terjun dalam 1 lokasi, tempat yang strategis buat kalian para jiwa petualang
COBAN CINDE terletak di Desa Benjor, Kec. Tumpang, Kab, Malang - Jawa Timur
Letaknya yang cukup tersembunyi dengan medan yang lumayan susah membuat air terjun ini cukup sepi dari wisatawan,

Untuk sampai lokasi ini,
pengunjung bisa menggunakan aplikasi Google Maps dengan keyword "COBAN CINDE"
Ikuti petunjuk yang telah diberikan Google Maps

Sampai Desa Benjor jalan masih aspal, namun sebelum masuk lokasi air terjun jalan berubah menjadi makadam, sehingga sulit dilalui
Pada jalur makadam ini area akan memasuki hutan, namun pengunjung tidak perlu khawatir kesasar karena sudah ada petunjuk arah menuju lokasi COBAN CINDE, area parkir pun juga biasanya digunakan sirkuit Off Road.

Lokasi parkir ini berada diatas tebing dengan menyuguhkan pemandangan indah khas pegunungan

Dikarenakan ada banyak coban disini dengan tebing yang membatasi, maka pengunjung akan dihadapkan 2 jalur air terjun yaitu COBAN CINDE dan COBAN SANUSI.

Untuk menuju COBAN SANUSI pengunjung ambil arah kanan, lalu menuruni bukit hingga menemui sungai dengan aliran sangat bening, sebelum sampai COBAN SANUSI, pengunjung akan menemui air terjun bonus dengan debit air yang cukup rendah

5 menit setelah air terjun ini akan dijumpai COBAN SANUSI

COBAN SANUSI

Untuk COBAN CINDE, dimulai dari lokasi parkir karena dari COBAN SANUSI tidak ada jalan lagi yang bisa dialui sehingga harus naik lagi ke lokasi parkir.

Dari lokasi parkir, belok kiri menuruni bukit yang disamping kanan dan kiri merupakan hutan pinus, jalan menurun kira - kira setengah jam akan menemui aliran sungai yang sangat bening dan menjumpai air terjun kecil

Dari sini pengunjung diharuskan melawan aliran sungai sehingga menambah keseruan dalam perjalanan menuju lokasi air terjun

Setelah itu akan menemui air terjun dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi ang dinamakan COBAN AREMA
Di sisi sebelah kanan COBAN AREMA ada jalan setapak yang menanjak, lewati jalan itu dan akan sampai di air terjun lagi
Dari air terjun ini jika menyusuri aliran sungai akan menjumpai COBAN JODO
Dari COBAN JODO ini juga akan terlihat COBAN CINDE dengan aliran yang sangat deras