Minggu, 03 Maret 2019

Air Terjun Tancak Kembar

Secara administratif Air Terjun Tancak Kembar berada di Desa Andungsari, Kec. Pakem, Kab. Bondowoso. Letaknya yang relatif dekat dengan pusat kota tidak menjamin memiliki akses jalan yang bagus.
Untuk menuju lokasi ini......klik baca selengkapnya
Dari alun-alun Kota Bondowoso ikuti arah ke Probolinggo melewati jalur arak-arak. Kira-kira 10 km akan ada pertigaan yang menunjukkan lokasi Tancak Kembar, belok kiri mengikuti petunjuk arah

Setelah itu jalur yang dilalui berupa aspal sedikit menanjak. jalan disini masih mulus. Ikuti jalan aspal tersebut hingga sampai di pertigaan seperti foto dibawah ini
Dari pertigaan itu ambil arah kanan mengikuti arah yang ditunjukkan plang berwarna hijau. Lurus saja sampai bertemu pertigaan lagi
Dari pertigaan gambar di atas itu ambil arah kiri. Ikuti saja jalan tersebut sampai ada pertigaan lagi yang bertuliskan selamat datang di kawasan tancak kembar seperti foto dibawah ini

Dari pertigaan itu ambil arah kanan mengikuti gapura yang bertuliskan tersebut. Mulai dari pertigaan tersebut jalan aspal mulai rusak, di beberapa titik hanya tinggal makadam saja sehingga harus berhati-hati
Setelah itu akan sampai di gapura lagi, dan ini merupakan gapura terakhir seperti foto dibawah ini
Tepat setelah gapura ini akan ada pertigaan kecil.
Jika lurus akan masuk perkebunan, maka ambil jalan ke kiri dengan jalan makadam.
Dari sini jalan yang dilalui cukup sulit dikarenakan jalan makadam atau batu-batu disini cukup licin jika musim hujan. Di beberapa lokasi ada semacam bekas longsoran,
Ikuti saja jalan makadam hingga menyusuri lereng bukit

Ikuti saja jalur tersebut hingga menemukan Air Terjun yang pertama yaitu Tancak Jomblo
Jalur makadam tidak berhenti sampai disitu, ikuti terus jalur makadam hingga masuk hutan lagi
Setelah itu akan ada tempat parkir air terjun tancak kembar seperti gambar dibawah ini
Disini sudah disediakan toilet dan gazebo kecil
Dari sini pengunjung harus jalan kaki melewati aliran sungai dan jembatan kecil