Minggu, 13 November 2016

PANTAI MODANGAN




Pantai Modangan secara administratif pantai ini masuk daerah Dusun KalitekukDesa SumberotoKecamatan Donomulyo, yang merupakan pantai paling ujung selatan barat Kabupaten MalangJawa Timur. Di pantai inilah tempat bermuaranya sungai yang menjadi batas alam yang memisahkan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang.

Jika di ujung timur Malang ada Pantai Licin maka di ujung barat ada Pantai Modangan
Medan untuk menuju lokasi ini tidak kalah menantang dengan Pantai Licin yang berada di ujung Timur Kab. Malang.

Untuk menuju lokasi ini
dari Malang Kota menuju ke Kecamatan Kepanjen. Dari Kepanjen perjalanan diteruskan ke arah Kecamatan Donomulyo.
Sampai melewatai di jalan raya donomulyo akan ada pertigaan Trisula. ditandai dengan adanya patung berwarna emas
Dari pertigaan tersebut belok kanan melewati jalan Trisula
(Catatan : sebenarnya dari pertigaan ini bisa potong kompas ambil jalan lurus melewati desa Mentaraman namun jalan tersebut sangat susah dilalui mengingat jalur lintas selatan masih makadam dan masih banyak jalan berupa tanah lumpur. jadi disarankan melewati jalur beraspal saja yaitu melewati jalan Trisula)

Ikuti Jalan Trisula tersebut hingga menemui plakat hijau bertuliskan pantai modangan dan ikuti saja petunjuk jalan yang ada, hingga menemui perempatan yang ada plakat pantai modangan dan keluar dari jalan aspal. jika kekiri menuju Air Terjun Kedung Jembar, Jika Lurus masuk Desa dan jika ke kanan menuju Pantai Modangan
koordinat google map -8.322670, 112.374009
setelah keluar dari jalan aspal akan melewati jalan makadam berupa bebatan yang sangat terjal. motor matic bisa melewati jalan tersebut namun perlu berhati - hati karena bebatuan disini lumayan susah ntuk dilalui. disini akan ditemui sumber air yang bisa digunakan untuk membasuh muka dan mengisi persediaan air karena di Pantai Modangan tidak ada orang jualan dan masih alami

Ikuti jalan tersebut hingga sampai di jembatan yang melewati Sungai Modangan. Sebelum jembatan ini ada pertigaan kecil belok arah kiri yaitu jalan menurun dan berbatu. Perlu Diketahui Pantai Modangan berada di sisi kanan Sungai atau berada di sebelah Timur sungai jadi jangan sampai ambil jalan menyebrangi sungai.

Setelah melewati jalan berbatu akan sampai di jalan berupa tanah jika musim hujan akan sangat licin dan menimbulkan banyak genangan air.
ikuti jalan tersebut hingga terdengar gemuruh ombak yang menandakan Pantai Modangan sudah dekat.

Untuk parkir motor atau mobil bisa dikondisikan diparkir disamping jalan setapak karena disini belum ada petugas sehingga untuk parkir bisa dimanapun namun juga harus memperhatikan keselamatan dan keamanan.






Pantai Modangan ini masih alami bebas biaya parkir dan bebas tiket masuk sehingga perlu dijaga kelestarianya, jangan sampai merusak ekosistem yang ada disekitar kawasan tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar