Senin, 18 Juli 2016

COBAN TUNDO 3 MALANG

COBAN TUNDO

pastinya sudah banyak yang posting air terjun ini, beberapa ada yang melewati sukodono yaitu melewati kantor kelurahan sukodono. dan treking air terjun yang dilalui yaitu dari atas ke bawah yakni dari tundo 1 ke tundo 3
nah disini saya berbagi pengalaman melalui jalan yang berbeda yaitu treking dari bawah dari tundo 3 naik ke tundo 1

coban tundo 3 terletak di
desa sidoasri kecamatan sumber manjing wetan kabupaten malang.
koordinatnya >>> google map
penentuan lokasi koordinat menggunakan aplikasi gps test pro for android
rute yang saya lalui (dari surabaya) yaitu pasar lawang - terminal arjosari - turen.

dari sini ikuti arah ke sendang biru (suda ada plat petunjuk arah besar). disini jalan yang dilalui sudah berkelok - kelok. dihimbau untuk berhati - ati. kira - kira 1 jam akan menemui jembatan besar. dari jembatan ini kira - kira 10 menit akan ada pertigaan. yang kanan arah sendang biru, yang kiri arah tundo 3 (sudah ada petunjuk arah yang jelas).

dari sini jalan mulai menyempit dengan tanjakan dan jalan yang berkelok - kelok. ikuti arah ke desa sukodono (petunjuk arah masih jelas). ikuti jalan tersebut hingga menemui pertigaan yang bertuliskan arah sukodono dan arah sidoasri (petunjuk arah masih jelas). disini ikuti arah yang ke desa sidoasri. jalan yang dilalui yaitu jalan semen naik dan turun bukit yang hanya bisa digunakan 1 mobil. kalaupun ada 2 mobil yang berpapasan, salah satunya harus mengalah.
sampai ketemu pertigaan besar yaitu jika kekanan ke pantai perawan, ke kiri ke tundo 3. ambil yang kiri (petunjuk arah jelas). ikuti jalan tersebut kira - kira setengah jam akan ditmui pertigaan yang ada pohon beringinya. disin ada plat hijau bertuliskan jalur evakuiasi, ikuti arah yang berlawanan dengan jalur tersebut yaitu ambil jalur ke kiri. disini disarankan sering tanya ke warga sekitar. arah yang dilalui yaitu arah yang berlawanan dengan plakat hijau bertulisakn jalur evakuasi, karena dari sini akan bertemu 3 plakat tersebut. dari pohon beringin tadi (belok kiri) akan bertemu jembatan kecil lalu kira - kira 10 menit akan ada pertigaan lagi (ada plakat hijau bertuliskan jalur evakuasi) ambil kiri yaitu yang belawanan arah dengan plakat tersebut. lurus saja kira - kira 5 menit akan dijumpai pertigaan lagi (ada plakat lagi yang bertuliskan jalur evakuasi) belok kiri.dari sini kira - kira 15 menit akan sampai di loket coban tundo.

disini perjalanan yang menegangkan akan dimulai. setelah loket tersebut jalur yang dilalui hanya bisa untuk 1 motor saja, (petunjuk arah sudah jelas) ikuti saja jalan tersebut. disini akan melewati sawah, masuk hutan dan melewati 2 sungai yang bisa meningkatkan adrenalin. dihimbau untuk berhati - hati karena jalan yang dilalui berupa tanah dan bebatuan.jalanan ini masihbisa dilalui motor matic.
disini akan bertemu pertigaan belok kanan (sudah ada plakat yang jelas)
nb : dari pertigaan ini rencananya akan dibuat akses ke yang arah lurus bukan arah kanan yaitu yang arah naik, namun untuk saat ini parkiran atas belum jadi, sehingga yang bisa digunakan parkiran bawah yaitu ara belok kanan.

setelah parkiran, treking ke tundo 3 kira - kira setengah jam. di sini akan melewati air terjun mini disisi sebelah kiri, dan jembatan dari kayu.

kita juga diaruskan menyebrangi aliran sungai

dari sini coban tundo 3 suda dekat, tinggal naik sedikit

COBAN TUNDO 3

tepat diatas tundo 3 ada tundo 2, trekking kira - kira 15 menit akan sampai ke tundo 2

COBAN TUNDO 2

tepat diatas tundo 2 ada tundo 1 jaraknya 15 menit treking

COBAN TUNDO 1

jangan lupa add fb saya

>>> rizqifajriansyah

dan like album di fb saya
>>>album rizqifajriansyah

berikut sedikit vidio yang saya buat